Piagam Audit Internal

Bank telah menyusun Piagam Audit Internal (Internal Audit Charter) sesuai dengan PBI Nomor: 1/6/1999 tentang Penugasan Direktur Kepatuhan (Compliance Director) dan penerapan Standar Pelaksanaan Fungsi Audit Internal Bank Umum khususnya Bab III tentang Standar Pelaksanaan Fungsi Audit Internal Bank Pasal 9. Piagam Audit Internal menjadi salah satu indikator dalam mewujudkan praktik kebijakan Good Corporate Governance (GCG) yang berkelanjutan di Bank BKE sesuai dengan prinsip pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan dalam pertumbuhan kinerja keuangan.

Di dalam perjalanannya Piagam Audit Internal atau Internal Audit Charter perlu di-review dan revisi agar sesuai dengan kompleksitas kegiatan usaha Bank, oleh sebab itu pada tanggal 10 Oktober 2017 Bank BKE telah melakukan revisi Piagam Audit Internal dan telah ditandatangani oleh Komisaris, Direktur Utama dan Direktur Kepatuhan pada tanggal 10 Oktober 2017. Revisi tersebut dilakukan sehubungan diterbitkannya Surat Edaran Otoritas Jasa keuangan (OJK) Nomor : 35/SEOJK.03/2017 tanggal 07 Juli 2017 tentang Pedoman Standar Sistem Pengendalian Intern Bagi Bank Umum sebagai dasar kebijakan Piagam Internal Audit yang menjelaskan :

  1. Bank telah memiliki Sistem Pengendalian Intern namun belum memenuhi acuan Pedoman Standar Sistem Pengendalian Intern bagi Bank Umum.
  2. Pedoman Standar Sistem Pengendalian Intern bagi Bank Umum paling sedikit meliputi 5 (lima) komponen pokok, yaitu :
    • Pengawasan oleh manajemen dan budaya pengendalian.
    • Identi kasi dan penilaian risiko.
    • Kegiatan pengendalian dan pemisahan fungsi.
    • Sistem akuntansi, informasi dan komunikasi.
    • Kegiatan pemantauan dan tindakan koreksi penyimpangan.