Kode Etik Perusahaan

Dalam pengembangan penerapan GCG pada kegiatan bidang perbankan, Bank BKE telah menyusun kebijakan yang mengatur mengenai etika perusahaan dalam berbisnis yang diatur sesuai SK Direksi No.63/2015/SK tanggal 28 Oktober 2015 tentang Buku Pedoman Code of Conduct. Hal tersebut menjadi langkah nyata dari komitmen Bank BKE untuk menciptakan penerapan standar etika terbaik dalam menjalankan setiap aktivitas bisnis supaya senantiasa sesuai dengan visi, misi, dan budaya Bank BKE.

Bank BKE mengembangkan kode etik sebagai sekumpulan standar perilaku untuk menjadi panduan bagi perusahaan dalam melakukan aktivitas bisnis yang bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan. Perilaku ideal yang didasarkan pada nilai-nilai luhur diyakini oleh Bank BKE sebagai jalan untuk mencapai kekuatan hubungan yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan dan peningkatan nilai bagi Pemegang Saham dengan tetap berpegang pada etika dan berlandaskan hukum. Secara garis besar, kode etik Bank BKE memuat standar perilaku sesuai etika usaha dan pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran manajemen dan karyawan sebagai budaya kerja dalam kegiatan operasional sehari-hari.

1. Patuh dan taat pada ketentuan perundangan dan peraturan yang berlaku.

2. Melakukan pencatatan yang benar mengenai segala transaksi yang bertalian dengan kegiatan Bank.

3. Menghindarkan diri dari persaingan yang tidak sehat.

4. Tidak menyalahgunakan wewenang untuk kepentingan pribadi.

5. Menghindarkan diri dari keterlibatan pengambilan keputusan dalam hal terdapat pertentangan kepentingan.

6. Menjaga kerahasiaan nasabah dan Bank.

7. Memperhitungan dampak merugikan dari setiap kebijakan yang ditetapkan Bank terhadap keadaan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

8. Tidak menerima hadiah atau imbalan untuk memperkaya diri dan keluarga.

9. Tidak melakukan perbuatan tercela yang dapat merugikan citra profesinya.

10. Tidak menjadi anggota partai politik.

11. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan.