Pendahuluan

Sebagai bentuk usaha kami untuk menciptakan transaksi perbankan yang sehat dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di Indonesia dan untuk menjaga serta meningkatkan reputasi PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE) agar dapat menjadi Bank yang berintegritas dan dapat dipercaya untuk memberikan layanan berkualitas, Bank BKE menyediakan media pelaporan pengaduan pelanggaran dengan nama Whistleblowing  System. Whistleblowing  System bertujuan untuk mendeteksi perbuatan fraud atau indikasi fraud, permintaan dana yang tidak sesuai dengan standard operating procedure Bank, serta tindakan tidak patut serta melanggar hukum lainnya yang dilakukan oleh karyawan Bank BKE, termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran kode etik seperti pelanggaran norma dan etika.

     Tujuan Whistleblowing System 

  • Mendeteksi kejahatan atau indikasi kejahatan fraud yang melibatkan pegawai atau pihak ketiga Bank BKE, yang dapat disampaikan dengan dasar laporan anonim atau dengan cara mencantumkan secara jelas identitas pihak yang diduga terlibat agar Bank BKE dapat selanjutnya melakukan proses investigasi ataupun tindakan tindak lanjut.
  • Mendorong kesadaran atau kepedulian seluruh pegawai untuk turut serta menjaga unit kerjanya dari kerugian akibat fraud sehingga kualitas pengawasan lebih baik.
  • Meningkatkan reputasi Bank BKE dalam konteks tata kelola perusahaan yang akan meningkatkan citra perusahaan karena memiliki kelengkapan perangkat anti-fraud yang memadai.

    Mekanisme Penyampaian Aduan Melalui Whistleblowing  System 

  • Mengisi google form pada tautan berikut ini – Link
  • Mengirimkan email ke wbs@bankbke.co.id
  • Bank BKE kemudian akan melalukan verifikasi dan analisa laporan, serta melakukan investigasi dan merekomendasikan sanksi kepada pemegang wewenang.
  • Demi tercapainya proses investigasi yang efektif, pelapor diharapkan dapat secara lengkap memberikan informasi yang setidak-tidaknya mencakup: (a) deskripsi kejadian yang lengkap (what); (b) pihak Bank yang diduga terlibat (who); (c) waktu kejadian (when); (d) lokasi kejadian (where); dan (e) bagaimana terjadinya (how).

Setiap saat Bank BKE senantiasa berkomitmen untuk menjamin kerahasiaan data diri pelapor.

Terima kasih.