Mekanisme Pengaduan Nasabah

Cara menyampaikan pengaduan ke Bank :

1.  Secara lisan:

Melalui telepon, termasuk Call Center ke 1500 130 (pelayanan 24 jam) yang disediakan oleh Bank.

2. Secara tertulis:

  • Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada bank, dengan cara diantar langsung ke Divisi Customer Service Bank SeaBank. Sopo Del Tower A, Lt.30, Mega Kuningan Barat III, RT. 5 / RW. 2 Kuningan Timur, Setia Budi. Jakarta Selatan
  • Melalui e-mail customer_care@seabank.co.id
  • Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan informasi serta dokumen pendukung lainnya seperti:

a.Scan copy eKTP

b.Bukti transfer

c.Dokumen lainnya yang berkaitan dengan jenis & tanggal transaksi yang dilakukan dan pengaduan yang akan disampaikan.

3. Perwakilan Nasabah:

Apabila pengaduan diajukan oleh Perwakilan Nasabah, maka selain dokumen di atas juga diserahkan dokumen lainnya yaitu 

  • Fotokopi bukti identitas Nasabah dan Perwakilan Nasabah.
  • Surat Kuasa dari Nasabah kepada Perwakilan Nasabah yang menyatakan bahwa Nasabah memberikan kewenangan bertindak untuk dan atas nama Nasabah.
  • Jika Perwakilan Nasabah adalah lembaga atau badan hukum maka harus dilampiri dengan dokumen yang menyatakan kewenangan dari pihak yang berwenang untuk mewakili lembaga atau badan hukum tersebut.

4.  Penerimaan Pengaduan oleh Bank:

  • Bank menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh Nasabah dan atau Perwakilan Nasabah baik secara lisan ke Call Center 1500 130 maupun tertulis ke email customer_care@seabank.co.id
  • Bank memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat Nasabah dan atau Perwakilan Nasabah mengajukan pengaduan.
  • Bank akan menindaklanjuti dan menyelesaikan pengaduan Nasabah maksimal 5 hari kerja untuk pengaduan lisan, dan maksimal 20 hari kerja untuk pengaduan tertulis, serta dapat diperpanjang selama 2 x 20 hari dalam hal tertentu sesuai ketentuan dengan pemberitahuan kepada Nasabah terlebih dahulu.

Dalam hal penyelesaian pengaduan yang belum memuaskan Nasabah, maka Nasabah dapat:

  1. Mengajukan keberatan dengan melampirkan dokumen pendukung baru yang belum disampaikan;
  2. Mengajukan permohonan fasilitas kepada regulator (BI/OJK) untuk penanganan keluhan;
  3. Mengupayakan penyelesaian sengketa sesuai ketentuan yang berlaku